Selasa, 18 Mei 2010

guru yang kuinginkan

Guru Kreatif. Creative Teacher
Siswa sebagai subyek pembelajaran. Learning empowers students.
Anda juga bisa menjadi guru seperi Ibu Muslimah, ini rahasianya..

Reflektif
Selalu bertanya pada dirinya sendiri apakah yang dilakukannya adalah demi agar siswa mendapatkan pengalaman belajar yang terbaik, bukan hanya demi rutinitas semata apalagi demi dilihat dan dipandang lebih atasan atau temen sekerja
Berempati
Kelas yang diajar atau yang menjadi tanggung jawabnya adalah gambaran dari empatinya yang besar terhadap siswanya. Dengan atau tidak adanya fasilitas tidak membuat surut semangatnya untuk menhadirkan yang terbaik bagi siswa. Caranya adalah menempatkan diri sebagai siswa, dengan demikina guru akan mengatur kelas sesuai kebutuhan siswa dan yang terpenting sabar jika ada siswa yang berbuat kesalahan saat belajar.
Fokus
Semua programnya dilakukan demi siswa, ia juga selalu menempatkan dirinya sebagai fasilitator dan actor utama yang menentukan apakah pembelajaran dikelas akan gagal atau berhasil
Selalu ingin tahu dan pembelajar
Jika ada metode yang ia rasa bisa membantu dan meringankan tugasnya di kelas, atau membuat siswanya senang belajar maka akan dipelajarinya dengan sekuat tenaga. Guru jenis ini juga tidak malu untuk mengatakan ‘saya tidak tahu’ kepada siswanya.
Kreatif
Guru seperti ini mencoba mensyukuri apa yang ia punya dan miliki di sekolah dan kelasnya. Guru seperti ini tidak sibuk menyalahkan pihak lain atas keterbatasan yang ia alami tapi malah menggerakkan dirinya untuk mengambil manfaat dan mangoptimalkan semua yang ada. Baik itu sumber pembelajaran, orang yang punya pengetahuan sampai lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
Berkomunikasi dengan efektif
Dengan siswa ia tahu kapan mesti bersuara hangat dengan suara lembut, agak keras bahkan keras jika diperlukan. Dengan orang tua ia tahu bagaimana berkomunikasi dengan hormat dan professional, sejajar dalam kerja sama demi hasil belajar siswa yang lebih baik. Dengan rekan dan atasan, ia tidak buru-buru membela diri, cuci tangan ketika ada masalah, tetapi mau mendengar dan mencari jalan keluar dan mudah meminta maaf jika diperlukan.
Fleksibel
Guru jenis ini akan berusaha mengerti dulu baru minta dipahami. Tidak menjadikan hal kecil menjadi hal yang besar dan membuat hal besar menjadi hal yang prinsip. Guru jenis ini selalu berpendapat inti dari masalah yang terjadi adalah masalah komunikasi. Job description memang penting tapi jauh lebih penting kerjasama dan budaya saling membantu dan bekerjasama demi menghadirkan hal yang terbaik bagi siswa. Dengan demikian ia akan bersikap fleksibel dan menjadi bagian dari solusi bukan bagian dari masalah.
Percaya dan menyayangi dirinya sendiri
Guru jenis ini akan berusaha memecahkan dan menghadapi masalah disekitarnya dengan percaya diri dan hormat kepada dirinya sendiri. Hal ini sangat penting, dikarenakan banyak individu cenderung memendam masalah dan tidak bersemangat untuk menuntaskan masalah hanya karena sifat tidak percaya diri dan merasa dirinya tidak penting. Padahal dalam dunia kerja perasaan percaya diri sangat penting dalam membuat tugas sehari-hari menjadi nikmat untuk dikerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar